--> Skip to main content

Apa Itu Global Marketing?

sumber101 Apa Itu Global Marketing?
Pemasaran global tidak lain adalah pemasaran yang dilakukan pada tingkat nasional dan internasional dan yang melibatkan pemahaman kesamaan, ketidaksamaan dan mengambil keuntungan dari peluang untuk mencapai tujuan. Berkonsentrasi pada pemasaran global sama pentingnya dengan berkonsentrasi pada pemasaran domestik jika sebuah perusahaan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Pasar domestik telah menjadi jenuh di sebagian besar kategori produk dan jasa, di semua negara industri dan karenanya, mereka mulai berurusan dengan negara lain untuk meningkatkan penjualan mereka. Biasanya, dalam hal demikian, barang-barang yang terlalu mahal untuk dibeli oleh pelanggan domestik diekspor ke negara-negara kaya lainnya.



Ketika sebuah perusahaan melakukan pemasaran dalam batas-batas wilayah tertentu, ia harus bersaing dengan perusahaan domestik lainnya serta perusahaan internasional yang merupakan bagian dari pasar. Langkah-langkah pemasaran yang diambil oleh para profesional didasarkan pada selera audiens yang spesifik. Produk mungkin tidak sesuai dengan selera pelanggan di tingkat yang lebih tinggi. Perusahaan domestik lain yang berencana untuk pergi global menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan tersebut. Mereka menjadi tidak terlihat di tingkat internasional karena mereka tidak mampu mengatasi persaingan yang berkembang dan mungkin tidak menyadari pesaing potensial. Pengembangan produk tergantung pada kebutuhan penduduk setempat. Bisnis semacam itu adalah etnosentris dan hanya peduli dengan kinerja mereka di pasar domestik.

Perusahaan yang berencana untuk go global harus mulai dengan ekspor ke klien asing terlebih dahulu. Pengembalian tidak akan memuaskan pada awalnya. Departemen ekspor dapat diperkenalkan di markas besar yang berhubungan dengan semua undang-undang. Ada kemungkinan menjadi eksportir sekunder dengan membawa perusahaan manajemen ekspor ke dalam gambar, yang akan berurusan dengan masalah bahasa, perbedaan waktu, dokumen, dan pelanggan. Jika mengelola ekspor tanpa bantuan apa pun, departemen ekspor dapat dimulai di kantor yang berlokasi di luar negeri. Kantor ini bekerja sama dengan kantor pusat regional. Tetapi kantor lepas pantai yang bersangkutan mengambil keputusan pemasaran, karena mereka akan memiliki pengetahuan terbaik tentang pasar tertentu yang mereka operasikan.

Pemasaran multinasional melibatkan pemasaran di banyak negara. Pemasaran didasarkan pada persyaratan dari berbagai negara dan pengembaliannya bermanfaat. Setiap daerah harus dipelajari secara individual berdasarkan pengembangan, produksi, dan pemasaran. Jenis pasar semacam itu dikenal sebagai kawasan sentris. Pemasaran global melibatkan seluruh dunia. Seluruh dunia diringkas sebagai pasar tunggal dan produk yang dirilis di pasar harus sesuai dengan kebutuhan pasar regional. Pemasar di seluruh dunia membuat keputusan pemasaran. Pasar semacam itu dikenal sebagai geosentris.

Industri otomotif adalah salah satu pasar yang melihat peningkatan penjualan secara global selama lima puluh tahun terakhir. Sebelumnya hanya perusahaan lokal seperti Ford dan General Motors yang digunakan untuk memproduksi mobil di Amerika, tetapi saat ini pesaing internasional lainnya seperti Toyota dan Honda beroperasi di pasar yang sama dan telah mengalahkan perusahaan lokal. Faktor kunci lain untuk pemasaran global adalah internet, yang memperkenalkan e-commerce. Bisnis berjalan online dan global. Ini mendorong penjualan perusahaan dan angka-angka hanya meningkat karena pengguna internet yang terus meningkat. Lokasi geografis pelanggan tidak lagi menjadi penghalang. Manajemen pemasaran global dan bisnis-ke-bisnis e-commerce berkembang pesat.

Produk, harga, penempatan, dan promosi adalah elemen pemasaran global. Produk yang dibuat harus sedemikian rupa sehingga dapat dijual di mana saja dengan menggunakan metode yang sama. Ini harus mempertimbangkan unsur-unsur utama dari semua pasar. Namun, bahasa di mana nama produk dapat diubah, sedangkan konten dapat tetap sama. Harganya tidak pernah konstan. Ini harus diputuskan setelah meninjau pasar dan mata uang negara. Variabel yang memengaruhi harga adalah lokasi tempat produk diproduksi, biaya bahan, biaya transportasi, biaya tenaga kerja, dll.

Baca Juga: 
  1.  How to safely make money from the internet
  2. 3 Alasan Mengapa Adsense Sangat Penting Untuk Situs Konten
  3. Trik Sukses Dalam Dunia Marketing



Penempatan adalah bagaimana produk didistribusikan dan bagaimana mencapai pasar yang ditargetkan. Seperti di negara-negara dunia ketiga, ada kekurangan superstore sehingga mereka dapat ditempatkan atau dijual di toko-toko biasa. Setelah produk dikembangkan dan didistribusikan, itu harus dipromosikan secara tepat dikenal sebagai iklan, promosi adalah salah satu langkah utama pemasaran dan mengkonsumsi sebagian besar anggaran. Jika mungkin untuk mengirim pesan yang sama di seluruh dunia dengan cara yang relevan dan hemat biaya, itu pasti harus dipraktekkan tetapi tantangannya sangat besar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar